Gunung Sempu
Home » » Keutamaan Beramal di Sepuluh Hari Dzulhijah dan Amalan yang Dianjurkan di Dalamnya

Keutamaan Beramal di Sepuluh Hari Dzulhijah dan Amalan yang Dianjurkan di Dalamnya

Written By Unknown on Rabu, 17 Oktober 2012 | 23.32




Keutamaan Beramal di Sepuluh Hari Dzulhijah

عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:(ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام ـ يعني أيام العشر ـ قالوا: يا رسول الله، ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله، إلا رجل خرج بنفسه وماله ثم لم يرجع من ذلك بشيء) [رواه البخاري].
Dari Ibnu Abbas rodhiyallahu anhuma berkata: Rosulullah shollallhu alaihi wasalam bersabda: Tidak ada hari ketika seorang beramal sholih lebih dicintai Allah dari hari ini
–yaitu sepuluh hari dzulhijah- para sahabat berkata: Wahai Rosulullah tidak juga jihad dijalan Allah?? Rosulullah bersabda tidak tidak juga jihad dijalan Allah kecuali apabila ada seorang laki laki yang keluar dengan jiwanya dan hartanya kemudian dia tidak kembali dengan sesuatau apapun (syahid) (HR Bukhori)

وعن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال: (كنت عند رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: فذكرت له الأعمال فقال:ما من أيام العلم فيهن أفضل من هذه العشرـ قالوا: يا رسول الله، الجهاد في سبيل الله؟ فأكبره. فقال: ولا الجهاد إلا أن يخرج رجل بنفسه وماله في سبيل الله، ثم تكون مهجة نفسه فيه) [رواه أحمد وحسن إسناده الألباني].
Dan diriwayatkan jiga Abdullah bin Umar rodhiyallahuanhuma berkata: Pernah suatu ketika aku di sisi Rosulullah shollallahu alaihi wasalam maka aku mengingatkan kepada Beliau suatu amal, maka Beliau bersabda: Tidak ada suatu hari apabila beramal didalamnya lebih afdhol dari sepuluh hari ini, para sahabat bertanya: wahai Rosulullah bagaimana dengan jihad fisabilillah?? Beliau bersabda: Tidak juga jihad di jalan Allah kecuali seorang laki laki yang keluar dengan jiwa dan hartanya berjihad di jalan Allah kemudian kemudia tejadilah apa yang dia harapkan (mati Syahid) (HR, Ahmad, dan dihasankan oleh syeh Al albani)
فدل هذان الحديثان وغيرهما على أن كل عمل صالح يقع في أيام عشر ذي الحجة أحب إلى الله تعالى من نفسه إذا وقع في غيرها، وإذا كان العمل فيهن أحب إلى الله فهو أفضل عنده. ودل الحديثان أيضاً على أن العامل في هذه العشر أفضل من المجاهد في سبيل الله الذي رجع بنفسه وماله، وأن الأعمال الصالحة في عشر ذي الحجة تضاعف من غير استثناء شيء منها.
Maka dua hadits ini dan hadits yang lain menunjukan bahwa setiap amal sholih yang dikerjakan di sepuluh hari dzulhijah lebih dicintai Allah dari pada amalan sholih yang dikerjakan di hari yang lain
 من الأعمال المستحبة في عشر ذي الحجة

Beberapa Amalan yang Disunnahkan Pada Sepuluh Hari Dzulhijah

إذا تبين لك أخي المسلم فضل العمل في عشر ذي الحجة على غيره من الأيام، وأن هذه المواسم نعمة وفضل من الله على عباده، وفرصة عظيمة يجب اغتنامها، إذ تبين لك كل هذا، فحري بك أن تخص هذه العشر بمزيد عناية واهتمام، وأن تحرص على مجاهدة نفسك بالطاعة فيها، وأن تكثر من أوجه الخير وأنواع الطاعات، فقد كان هذا هو حال السلف الصالح في مثل هذه المواسم، يقول أبو ثمان النهدي: كانوا ـ أي السلف ـ يعظمون ثلاث عشرات :
العشر الأخير من رمضان، والعشر الأول من ذي الحجة، والعشر الأول من محرم.
Apabila telah jelas bagi enkau wahai saudaraku muslim keutamaan amalan di sepuluh hari dzulhijah dibandingkan hari yang lain, dan ini adalah misim kenikmatan dan keutamaan dari Allah atas hamba-NYA, dan kesempatan yang agung yang dicitai untuk menyongsongnya, apabila sudah jelas bagi engkau keutamaan ini, maka hendaknya engkau mengkhususkan di hari hari tesebut dengan menambah inayah dan perhatian, dan hendalah engkau bersungguh sungguh dan bermujahadah dengan dirimu dengan ketaatan didalamnya, dan hendaknya engkau memperbanyak kebaikan dan berbagai macam ketaatan. Dan demikanlah keadaan para salafusholih pada musim ketaatan ini. Berkata Abu Tsaman An nahdi: Mereka –para salaf- telah memuliakan tiga sepuluh hari, yaitu sepuluh hari terakhir di bulan romadhon. Sepuluh hari pertama di bulan dzulhijah, dan sepuluh haari pertama dibulan muharom

ومن الأعمال التي يستحب للمسلم أن يحرص عليها ويكثر منها في هذه الأيام ما يلي:
Dan amal amal yang disunahkan bagi seorang muslim untuk bersungguh sungguh dan memperbanyak di sepuluh hari dzulhijah adalah sebagai berikut:
1- أداء مناسك الحج والعمرة : وهما افضل ما يعمل في عشر ذي الحجة، ومن يسر الله له حج بيته أو أداء العمرة على الوجه المطلوب فجزاؤه الجنة؛ لقول النبي صلى الله عليه وسلم: (العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما، والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة) [متفق عليه].
Haji dan umroh: dan keduanya adalh amalan yang paling afdhol dai sepuluh hari dzulhijah, dan barang siapa yang dimudahkan oleh Allah untuk berhaji ke baitullah atau umroh dengan ihklash maka balasanya adalah surga, sebagaimana sabda Rosulullah shollallahu alaihi wasalam: Diantara Umroh dengan Umroh yang lainya ada penghapus dosa di antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada balasan kecuali surga (Muttafaqun alaihi)
والحج المبرور هو الحج الموافق لهدي النبي صلى الله عليه وسلم، الذي لم يخالطه إثم من رياء أو سمعة أو رفث أو فسوق، المحفوف بالصالحات والخيرات.
Dan haji yang mabrur adalah haji yang sesuai dengan tuntunan Nabi shollallahu alaihi wasalm, dan tidak tercampuri dengan dosa seperti riya sum’ah perkataan kotor atau perbuatan keji. Dan di dalam haji dipenuhi dengan amalan sholih dan kebaikan kebaikan.
2- الصيام : وهو يدخل في جنس الأعمال الصالحة، بل هو من أفضلها، وقد أضافه الله إلى نفسه لعظم شأنه وعلو قدره،فقال سبحانه في الحديث القدسي : (( كل عمل ابن آدم له إلا الصوم فإنه لي وأنا أجزي به )) متفق عليه
Kemudian yang kedua aadalah puasa: dan pusa adalah temasuk amal sholih, bahkan puasa adalah amalan yang afdhol, Dan Allah telah menyandarkan amalan puasa kepada jiwanya yang Maha agung Maha tinggi dan Maha kuat. Allah berfirman dalam hadits kidsi: Setiap amal anak adam adalah untuk dia sendiri kecuali puasa karna puasa adalah untuku dan aku yang akan memberinya pahala (Muttafaqu Alaihi)
وصحت الأحاديث عند النسائي وغيره أنه صلى الله عليه وسلم أنه كان يصوم هذه الأيام (من أول ذي الحجة وحتى التاسع)
Dan ada hadits hadits telah dishohihkan Annasa’i dan yang lainya bahwa Rosulullahu shollallahu alaihi wasalam telah berpuasa di sepuluh hari dzulhijah dari awal dzulhijah sampa tanggal sembilan dzulhijah
وقد خص النبي صلى الله عليه وسلم صيام يوم عرفة من بين أيام عشر ذي الحجة بمزيد عناية، وبين فضل صيامه فقال: (صيام يوم عرفة احتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله والتي بعده) [رواه مسلم].
Dan Rosulullah telah mengkhususkan puasa pada hari arofah diantara hari hari sepuluh dzulhijah yang lain dengan diambahnya inayah, dan diantara keutamaan puasanya Beliau bersabda: Puasa pada hari arofah akan menghapus dosa satu tahun sebelumnya dan stu tahun setelahnya (HR. Muslim)
وعليه فيسن للمسلم أن يصوم تسع ذي الحجة، لأن النبي صلى الله عليه وسلم حث على العمل الصالح فيها. وقد ذهب إلى استحباب صيام العشر الإمام النووي وقال: صيامها مستحب استحباباً شديداً.
Maka disunnahkan bagi seorang muslim untuk berpuasa pada tanggak sembilan hari bulan dzulhijah. Karna Rosulullah shollallhu alaihi wasallam telah menganjurkan untuk beramal sholih didalamnya. Dan telah dijelaskan oleh imam nawawi atas disunahkanya puasa pada hari tersebut, Beliau berkata: puasa di dalamya sangat dianjurkan.
3- الصلاة :وهي من أجل الأعمال وأعظمها وأكثرها فضلاً، ولهذا يجب على المسلم المحافظة عليها في أوقاتها مع الجماعة، وعليه أن يكثر من النوافل في هذه الأيام، فإنها من أفضل القربات، وقد قال النبي صلى الله عليه وسلم فيما يرويه عن ربه: (وما يزال عبدي يتقرب إلى بالنوافل حتى أحبه) [رواه البخاري].
Kemudian yang ketiga adalh sholat: karna sholat adalah amalan yang mulia dan banyak sekali keutamanya, olehkrana itu dianjurkan bagi seorang musli untuk menjaga sholat di waktu waktunya bersama jamaah. Dan hendaknya seorang muslim memperbanyak sholat sholat sunnah di hari hari tersebut, karana hari hari tersebut adalah hari hari paling utama untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dan telah bersabda Rosulullah shollahu alai wasalam di dalam hadits qutsi: Allah berfirman: dan akan ada dari hamba KU yang mendekatkan diri kepada KU dengan sholat sholat sunnah sampai AKU mencintainya (HR Bukhori)
4- التكبير والتحميد والتهليل والذكر : فعن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (ما من أيام أعظم عند الله ولا أحب إليه العمل فيهن من هذه الأيام العشر، فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد) [رواه أحمد]. وقال البخاري ك كان ابن عمر وأبو هريرة رضي الله عنهما يخرجان إلى السوق في أيام العشر يكبران ويكبر الناس بتكبيرها. وقال: وكان عمر يكبر في قبته بمنى فيسمعه أهل المسجد فيكبرون، ويكبر أهل الأسواق حتى ترتج منى تكبيراً. وكان ابن عمر يكبر بمنى تلك الأيام وخلف الصلوات وعلى فراشه، وفي فسطاطه ومجلسه وممشاه تلك الأيام جميعاً.
Yang keempat adalah takbir, tahmid, tahlil, dan dzikit: Telah diriwayatkan dari Ibnu Umar rodhiyallahu anhuma Nabi shollallahu alaihi wasalam bersabda: tidak ada hari yang lebih mulia disisi Allah dan lebih dicintai amalanya dari haari sepuluh hari dzulhijah, maka perbanyaklah didalamnya tahlil takbir dan tahmid (HR. Ahmad)  Dan berkata Imam Bukhori: Adapun Umar dan Abu Huroiroh rodhiyaahu anhuma mereka berdua keluar ke pasar di sepuluh hari dzulhijah bertakbir, dan manusiapun bertakbir dengan takbir yang lafadhkan keduanya. Dan Imam bukhori juga berkata: adapun umar bertakbir dikubah di mina maka terdengar oleh  orang orang yang ada masjid mak bertakbirlah mereka
ويستحب للمسلم أن يجهر بالتكبير في هذه الأيام ويرفع صوته به، وعليه أن يحذر من التكبير الجماعي حيث لم ينقل عن النبي صلى الله عليه وسلم ولا عن أحد من السلف، والسنة أن يكبر كل واحد بمفرده.
Disunahkan bagi seorang muslim untuk mengeraskan takbirnya di sepuluh hari dzulhijah dan mengengkat suaranya. Dan janganlah seseorang untuk bertakbir secara jamaah karna yang demikian itu tidak pernah dilakukan oleh Rosullah dan tidak pula dilakukan oleh para salaf. Dan yang disnahkan adalh bertakbir secara sendiri sendiri
5- الصدقة : وهي من جملة الأعمال الصالحة التي يستحب للمسلم الإكثار منها في هذه الأيام، وقد حث الله عليها فقال: (يا أيها الذين آمنوا أنفقوا مما رزقناكم من قبل أن يأتي يوم لا بيع فيه ولا خلة ولا شفاعة والكافرون هم الظالمون) [البقرة:254]، وقال صلى الله عليه وسلم (ما نقصت صدقة من مال) [رواه مسلم].
Dan yang kelima adalah shodaqoh: karna shodaqoh adalah termasuk dari amal sholih yang disunnahkan bagi seorang muslim untuk memperbanyak di sepuluh hari dzulhijah. Dan Allah telah menganjurkanya didalam firma-NYA; wahai orang orang yang beriman berinfaqlah kalian dari rizki yang telah Kami berikan kepada kalian sebelum datang hari yang tidak ada jual beli dan syafaat, dan orang orang kafir mereka adalah orang orang yang dholim (Al Baqoroh) dan bersabda Rosulullah shollahu alaihi wasalm: sedekah tidaklah merugikan harta (HR. Muslim)
وهناك أعمال أخرى يستحب الإكثار منها في هذه الأيام بالإضافة إلى ما ذكر، نذكر منها على وجه التذكير ما يلي : قراءة القرآن وتعلمه ـ والاستغفار ـ وبر الوالدين ـ وصلة الأرحام والأقارب ـ وإفشاء السلام وإطعام الطعام ـ والإصلاح بين الناس ـ والأمر بالمعروف والنهي عن المنكر ـ وحفظ اللسان والفرج ـ والإحسان إلى الجيران ـ وإكرام الضيف ـ والإنفاق في سبيل الله ـ وإماطة الأذى عن الطريق ـ والنفقة على الزوجة والعيال ـ وكفالة الأيتام ـ وزيارة المرضى ـ وقضاء حوائج الإخوان ـ والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم ـ وعدم إيذاء المسلمين ـ والرفق بالرعية ـ وصلة أصدقاء الوالدين ـ والدعاء للإخوان بظهر الغيب ـ وأداء الأمانات والوفاء بالعهد ـ والبر بالخالة والخالـ وإغاثة الملهوف ـ وغض البصر عن محارم الله ـ وإسباغ الوضوء ـ والدعاء بين الآذان والإقامة ـ وقراءة سورة الكهف يوم الجمعة ـ والذهاب إلى المساجد والمحافظة على صلاة الجماعة ـ والمحافظة على السنن الراتبة ـ والحرص على صلاة العيد في المصلى ـ وذكر الله عقب الصلوات ـ والحرص على الكسب الحلال ـ وإدخال السرور على المسلمين ـ والشفقة بالضعفاء ـ واصطناع المعروف والدلالة على الخير ـ وسلامة الصدر وترك الشحناء ـ وتعليم الأولاد والبنات ـ والتعاون مع المسلمين فيما فيه خير.
Dan masih banyak lagi amalan amalan yang lain yang disunnahkan untuk memperbanyaknya di sepuluh hari dzulhijah ini. Dan kami akan mengngatkan amalan amalan yang lain seperti: membaca Al Quran dan mempelajarinya- istighfar-berbakti kepada kedua orangtua- menyambung tali pesaudaraan/ silaturohmi- mengucapkan salam- memberimakan orang miskin- mendamaikan dua orang yang berselisih- amar ma’ruf dan nahi munkar- menjaga lisan dan kemaluan- berbuat baik kepada tetangga- memuliakan tamu- infaq dijalan Allah- menghilangkan gangguan di jalan- memberinafkah kepada istri dan anak anak- membantu anak yatim- mengunjungi orang sakit- membantu kesulitan teman- besholawat kepada Nabi shollallhu alaihi wasalm- tidak mengganggu sesama muslim-lemah lembut kepada pembantu- membantu teman untuk berbakti kepada kedua orang tuanya- mendoakan teman tanpa sepengetahuanya- menunaikan amanah dan menepati janji- brbuat baik kepada paman dan bibi,dan membantu orang yang dianiaya- menundukan padangan dari yang di haromkan Allah-menyempurnaka wudhu- berdoa dianta adzan dan iqomah- membaca surat Alkahfi dai malam jumat- pergi kemasjid dan menjaga sholatjamaah- menjaga sunnah dengan tertib- mengerjakan sholat ied di lapangan- dzikir kepada Allah setelah sholat- bekerja denga pekerjaan yang halal- membahagiakan saudara muslim- membantu orang yang lemah- berbuat kebaikan dan mengajak kepada yang makruf- menjaga hati dan meninggalkan dendam- mengajarkan kepada anak kebaikan- saling membantu sesama muslim dalam kebaikan
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم.

Dinukil dari www.sahab.net
diterjemahkan oleh: Khandar, 18 Oktober 2012
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar
untuk komentar bagi yang belum memiliki accaunt pilih select profile dan klik Anonymous

 
Support : Creating Website | |
Copyright © 2011. gunung sempu - All Rights Reserved
Template Created by Published by Khandar
Proudly powered by Blogger