Gunung Sempu
Home » » Alasan Apa Sehingga Mereka Menolak Hadits

Alasan Apa Sehingga Mereka Menolak Hadits

Written By Unknown on Kamis, 04 Oktober 2012 | 00.14



Adalah sahabat yang mulia Abdullah bin Abbas tatkala beliau menerangkan tentang permasalahan haji tamattu', bahwa Rasulullah -shallallahualaihiwasallam- melakukan haji tamattu', lalu ada sebagian sahabat menolaknya dengan perkataan sahabat Abu Bakr dan Umar. lalu beliau pun berkata :

يُوْشِكُ أَنْ تَنْزِلَ حِجَارَةٌ مِنَ السَّمَاءِ، أَقُوْلُ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ وَتَقُوْلُونَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ؟؟! “

''Hampir saja menimpa kalian hujan batu dari langit, aku berkata “Rasulullah shallallahu 'alihi wa sallam berkata demikian”
lantas kalian berkata, “Abu Bakar dan Umar berkata demikian dan demikian..!!”

[disebutkan dalam kitab at Tauhid, karya Syaikh Muhammad at tamimi, juga bisa ditemukan
dalam kitab Jami’ bayan Al-‘Ilmi wa fadlihi 1/129 no 443, dan Musnad Ahmad no 3121 (info ini sy dapatkan dari website resmi ust Firanda Andirja -hafidhzohullah- ) ]

Jika demikian keadaannya seorang yang menolak hadits Nabi dengan perkataan Sahabat yg mulia dan telah Rasulullah jamin masuk surga; Abu Bakr dan Umar, lalu bagaimana keadaannya, dengan mereka yg menolak Sabda Nabi dengan perkataan ustadz atau kiyai...?!

Atau mereka yg menolak sabda Nabi dengan akal-akal mereka..?!

Atau bahkan menolak hadits Nabi, dengan hawa nafsunya..?!

Terlebih lagi mereka yg menolak hadits-hadits Nabi dengan perkataan orang-orang kafir ..?!

Sungguh seburuk-buruk keadaan. !

Alangkah indah tuturan Syaikh Muhammad bin Shalin al 'utsaimin saat beliau menerangkan perkataan sahabat Abdullah bin Abbas di atas dalam kitab beliau 'Qoulul mufidhz syarh kitabut tauhid',
berikut penuturan beliau :

“Abu Bakar dan Umar adalah orang yang paling terbaik dari umat ini, dan yang paling dekat kepada kebenaran. Nabi shallallahu 'alihi wa sallam telah bersabda إِنْ يُطِيْعُوا أَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ يَرْشُدُوا “Jika mereka patuh kepada Abu Bakar dan Umar maka mereka akan mendapat petunjuk”[HR Muslim ], dan diriwayatkan juga dari Nabi shallallahu 'alihi wa sallam bahwasanya beliau bersabda اِقْتَدَوْا بِالَّذَيْنِ مِنْ بَعْدِي أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ “Teladanilah dua orang sepeninggalku yaitu Abu Bakar dan Umar!”[HR Ahmad dalam kitab fadhoil As-Shohabah 1/186, di Al-Musnad 5/399, Al-Bukhari di Al-Kuna hal 50 dan At-Thirmidzi dalam sunannya (Al-Manaqib, bab manaqib Abi Bakr wa Umar), beliau berkata, Hadits Hasan”].

Beliau shallallahu 'alihi wa sallam juga bersabda عَلَيْكُمْ بِسُنّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّيْنَ مِنْ بَعْدِي تَمَسَّكُوْا بِهَا وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَجَذَِ “Wajib atas kalian untuk mengikuti sunnahku dan sunnah para Khulafaur Rosyidin yang mendapat petunjuk sepeninggalku. Berpegangteguhlah dengannya dan gigitlah dengan geraham-geraham kalian”[HR Ahmad dalam Musnadnya, Abu Dawud dan At-Thirmidzi ].
Dan tidak pernah diketahui dari Abu Bakar dan Umar bahwasanya keduanya menyelisihi hadits yang sangat jelas dari Rasulullah shallallahu 'alihi wa sallam dengan akal mereka berdua.
Maka jika ada orang yang menghadapkan hadits Rasulullah shallallahu 'alihi wa sallam dengan perkataan Abu Bakar dan Umar maka dikawatirkan akan turun hujan batu dari langit, bagaimana lagi dengan orang yang menentang hadits Rasulullah shallallahu 'alihi wa sallam dengan membawakan perkataan orang yang jauh di bawah derajat mereka berdua..??

Padahal perbedaan antara orang tersebut dengan Abu Bakar dan Umar seperti bedanya langit dan bumi??,
tentunya hukumannya lebih parah lagi. ''


* Catatan Kaki :
*Haji Tamattu artinya bersenang-senang ,maksudnya adalah melaksanakan Ibadah Umrah terlebih dahulu dan setelah itu baru melakukan Ibadah Haji. setelah selesai melaksanakan Ibadah Umran yaitu : Ihram, tawaf, Sa’i jamaah boleh langsung tahallul, sehingga jama’ah sudah bisa melepas ihramnya. Selanjutnya jama’ah tinggal menunggu tanggal 8 Zulhijah untuk memakai pakaian Ihram kembali dan berpantangan lagi untuk melaksanakan Ibadah Haji

Ahmad Anshori
Ma'had Hamalatul Quran, Jogjakarta 4 Oktober 2012



Share this article :

2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar
untuk komentar bagi yang belum memiliki accaunt pilih select profile dan klik Anonymous

 
Support : Creating Website | |
Copyright © 2011. gunung sempu - All Rights Reserved
Template Created by Published by Khandar
Proudly powered by Blogger