Gunung Sempu
Home » » .:: Hakim Batupahat & Staf Pengajar di Masjid Al Haram, Syaikh Ahmad Qasati Al Indunisi Al Makki ::.

.:: Hakim Batupahat & Staf Pengajar di Masjid Al Haram, Syaikh Ahmad Qasati Al Indunisi Al Makki ::.

Written By Unknown on Senin, 01 Oktober 2012 | 19.28


Beliau bernama lengkap Ahmad bin Yusuf Qasati Al Indunisi Al Makki rahimahullah. Lahir tahun 1296 H dan wafat tahun 1367 H.

Syaikh Ahmad Qasati berperawakan pendek, jisimnya sedang-sedang (tidak terlalu kurus juga tidak teramat gemuk), terkenal dengan ketawadhuannya serta tenang (santai) dalam berbicara & menyampaikan pelajarannya.


Dari ulama-ulama Masjid Al Haram Ahmad Qasati menimba ilmu, seperti:
1. Syaikh 'Umar As Sumbawi
2. Syaikh Muhammad 'Ali Balkhiyur
3. Syaikh Shalih Bafadhal
4. Syaikh 'Umar Bajened
5. Al 'Allamah 'Abdus Sattar bin 'Abdul Wahhab Ad Dahlawi Al Makki -penulis kitab tarajim Faidhul Malikil Wahhabil Muta'alai, dan Kasyful Ghummah fi Takhrij-

Stelah lolos pengujian untuk izin mengajar, Syaikh Ahmad Qasati memilih untuk kembali ke Indonesia pada tahun 1320 H dan mendirikan Madrasah As Saqqaf tahun 1327 H kemudian Madrasah Al 'Aththas tahun 1331 sekaligus mengepalainya.

Pada tahun 1338, Syaikh memegang jabatan kehakiman di Batupahat kemudian melepaskannya dan kembali ke Makkah pada tahun 1349 H.

Syaikh Ahmad Qasati mulai mengadakan halaqah ilmu di Masjid Al Haram, kemudian dipilih menjadi staf pengajar di Madrasah Darul 'Ulum -yang dirintis oleh Sayyid Muhsin bin 'Ali Al Musawa Al Falimbani rahimahullah-. Dari beliau, para santri mempelajari Adab 'Arab (sastra), fikih, dan hadits.

Syaikh Ahmad bin Yusuf Qasati rahimahullah tidak mencukupkan diri dengan hanya mengajar, akan tetapi juga beliau menekuni dunia penerjemahan buku-buku berharga (dari bahasa 'Arab) ke dalam bahasa Melayu. Di antara hasil terjemahaan beliau yang paling unggul adalah tarjamah kitab "Thowali'ul Huda wal Fashl bi Tahdziril Muslimin 'anil I'lam bi Waqtish Shalah bi Dharbin Naqus awith Thibl" (tentang larangan menabuh & memukul begug ketika datang waktu shalat) karya Syaikh Muhammad 'Ali bin Husain Al Maliki rahimahumallah.

Pada tahun 1354 H Syaikh Ahmad Qasati mulai menerjemahkan kitab Tafsir Al Jawahir karya Syaikh Thanthawi Jauhari, akan tetapi sebelum akhirnya selesai beliau sudah berpulang keharibaan Rabb-nya. Rahimahullah wa askanahu fasiha jannatih. Allahua'lam. []

Siyar wa Tarajim Ba'dhi 'Ulamaina fil Qarnir Rabi' 'Asyar lil Hijrah hal. 54 karya Syaikh 'Umar bin 'Abdul Jabbar Al Makki rahimahullah.

A'lamul Makkiyyin oleh 'Abdullah Al Mu'allimi


Firman Hidayat, Gunung sempu
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar
untuk komentar bagi yang belum memiliki accaunt pilih select profile dan klik Anonymous

 
Support : Creating Website | |
Copyright © 2011. gunung sempu - All Rights Reserved
Template Created by Published by Khandar
Proudly powered by Blogger